Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab

STIBA DUBA

Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

Seminar Isra' Mi'raj, Waka 1 STIBA Jadi Pembicara

PAMEKASAN-Sebagainana lazimnya tradisi masyarat Islam di seluruh dunia memperingati Isra' Mi'raj pada tanggal 27 Rajab, pamandangan itu juga nampak saat Waka 1 STIBA DUBA Pamekasan, Dr. Abdul Mukit, S. Th. I, M. Pd. I., menjadi narasumber di Pondok Pesantren Nurul Islam Semar Ragang, Waru Pamekasan pada Ahad, 27 Rajab 1441/22 Maret 2020.

Acara dengan tema, (Menanamkan Nilai-nilai Isra'-Mi'raj Pada Santri di Era Milenial 4.0). Di mulai dengan pembukaan dan sambutan dari pengurus pondok.

Kemudian dilanjutkan acara seminar oleh narasumber.

Pada pemaparannya, Waka 1 STIBA DUBA Pamekasan menekankan pentingnya meyakini peristiwa Isra'-Mi'raj sebagai mukjizat hissiyah-maddiyah yang diberikan Allah kepada nabi Muhammad. Walaupun peristiwa itu tidak bisa diukur oleh akal manusia, namun bisa dijelaskan dan diterima oleh akal. Rujukan pemaparan narasumber adalah kitab, "Al-Mukjizat al-Kubro" tulisan Syeikh Muhammad Mutawalli al-Sya'rawi dan buku kedua, " Al-Anwar Bahiyyah Min Isra'-Mi'raj Khairil Bariyyah" karya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki. 

"Sejak di ayat pertama surah Isro', Allah memulai firman-Nya menggunakan kata tanzih (subhanah) yang menegaskan bahwa peristiwa ini dikendalikan dan dikehendaki oleh Allah, bukan Rasulullah. Sehingga sangat bisa diterima dan dimungkinkan terjadi." Tegas Dr. Abdul Mukit, M. Pd. I.

Tulisan Terbaru
Tulisan Populer
Tulisan Terbaca