Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab

STIBA DUBA

Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

PRODI EKONOMI SYARIAH (ES)

Visi :

“Menjadi Pusat kajian, pengembangan dan penerapan Ekonomi Syariah (ES) pada tingkat regional tahun 2025.”

Misi:

Melaksanakan pendidikan pada kajian Ekonomi Syariah (ES) yang bersifat integral, menggabungkan antara nadzariyah dan tathbiqiyah;

  1. Melakukan peningkatan pengkajian Ekonomi Syariah (ES) yang berbasis pada riset dan development;
  2. Melakukan pembinaan dan pembangunan sosial keagamaan masyarakat, khususnya dalam membentuk perilaku sesuai bidang keilmuan Ekonomi Syariah (ES).
  3. Menjalin kerjasama dengan seluruh instansi terkait dalam rangka perkembangan dan kemajuan Ekonomi Syariah (ES)

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi yang bertakwa, berakhlak mulia serta kompeten sesuai bidang keilmuannya;
  2. Menghasilkan sarjana ekonomi yang mampu mengamalkan ilmunya untuk menebarkan manfaat secara luas di masyarakat;
  3. Menghasilkan sarjana ekonomi yang mampu merumuskan dan mengimplementasikan konsep pemberdayaan umat dalam bidang ekonomi.

Profil Lulusan:

Profil Lulusan yang ingin dihasilkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Jenjang Sarjana yaitu:

  • Praktisi Lembaga Ekonomi
  • Menjadi praktisi yang profesional dan kompeten di lembaga-lembaga yang bergerak di bisnis, koperasi, keuangan dan pengembangan ekonomis khususnya syariah.
  • Peneliti        bidang Ekonomi Syariah

Peneliti yang menguasai konsep teoritis di bidang Ekonomi Syariah secara mendalam, serta mampu merumuskan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang ekonomi Syariah.


PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)

Visi :

Menjadi Pusat kajian, pengembangan dan penerapan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang unggul dan berdaya saing pada tingkat regional tahun 2025.

Misi:

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang kajian Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang bersifat integral, menggabungkan antara nadzariyah dan tathbiqiyah;

  1. Melakukan peningkatan pengkajian Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang berbasis pada riset dan development;
  2. Melakukan pembinaan dan pembangunan sosial keagamaan masyarakat, khususnya dalam membentuk bi-ah `arabiyah sesuai bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).
  3. Menjalin kerjasama dengan seluruh instansi terkait dalam rangka perkembangan dan kemajuan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA)  yang bertakwa dan berakhlak mulia yang kompeten sesuai bidang keilmuannya;
  2. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA)  yang mampu mengamalkan ilmunya untuk menebarkan manfaat secara luas di masyarakat;
  3. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA)  yang kompeten dan profesional serta mampu merumuskan konsep pembelajaran bahasa arab dengan baik dalam bentuk teori dan praktek.

Profil Lulusan:

  • Pendidik/Guru Pendidikan Bahasa Arab di lembaga formal dan non formal (MI/MTS/MA dan yang sederajat)

Mampu   melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengelolaaan lingkungan belajar, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab secara integrative dengan nilai Islami dan memnafaatkan media yang kontektual dan mutakhir untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelas (KK1)

Menguasai teori pedagogi, teori psikologi perkembangan dan konsep Bahasa Arab untuk dapat berperan sebagai calon pendidik di satuan pendidikan dasar dan menengah (P1)

Mampu   merencanakan (planning), mengorganisasikan (organization), melaksanakan (action) dan mengontrol (controlling) proses pembelajaran di kelas secara integrative dengan pengetahuan pedagogi, konsep bahasa Arab dan nilai Islami (KM1)


  • Peneliti Pendidikan Bahasa Arab
  • Mampu memilih metode penelitian yang tepat untuk mengatasi permasalahan di dalam pendidikan melalui pendekatan ilmiah untuk menghasilkan publikasi karya ilmiah (KK2).
  • Menguasai metode ilmiah untuk dapat melakukan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab (P2).
  • Mampu   merencanakan (planning), mengorganisasikan (organization), melaksanakan (action) dan mengontrol (controlling)penelitian dalam bidang Pendidkan Bahasa Arab secara sistematis dan ilmiah (KM2).
  • Edupreneur Bidang Bahasa Arab

Mampu mengenali potensi dan minat melalui proses penelusuran informasi, pengalaman, dan refleksi untuk mengembangkan minat dan bakat serta kewirausahaan (KK3).

Menguasai pengetahuan dan swiss replica audemars piguet keterampilan untuk dapat melakukan pengelolaan usaha di bidang bahasa Arab atau Pendidikan Bahasa Arab (P3).

Mampu merencanakan usaha (planning) usaha dalam bidang pendidikan atau bahasa Arab yang menjadi minatnya secara mandiri dan kolaboratif (KM3).

 


PRODI TADRIS IPA

Visi :

Menjadi Pusat kajian, pengembangan dan penerapan Sains berbasis nilai-nilai Islam pada tingkat regional tahun 2025.

Misi:

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang kajian Tadris IPA berdasarkan nilai-nilai agama yang bersifat integral, menggabungkan antara nadzariyah dan tathbiqiyah;

  1. Melakukan peningkatan pengkajian Tadris IPA yang berbasis pada riset dan development;
  2. Melakukan pembinaan dan pembangunan sosial keagamaan masyarakat, khususnya dalam membentuk perilaku sesuai bidang keilmuan Tadris IPA.
  3. Menjalin kerjasama dengan seluruh instansi terkait dalam rangka perkembangan dan kemajuan Tadris IPA.

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana prodi tadris IPA yang bertakwa dan berakhlak mulia yang kompeten sesuai bidang keilmuannya;
  2. Menghasilkan sarjana sarjana prodi tadris IPA yang mampu mengamalkan ilmunya untuk menebarkan manfaat secara luas di masyarakat;
  3. Menghasilkan sarjana prodi tadris IPA yang mampu merumuskan dan mengimplementasikan konsep Islamisasi Sains baiksecara teoritis maupun praktis.

Profil Lulusan:

  • Pendidik
  • Sarjana pendidikan yang kompeten dan profesional sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran IPA di  sekolah/madrasah yang bertanggung jawab dan menjunjung tinggi akhlaqul karimah
  • Asisten Peneliti
  • Sarjana pendidikan yang kompeten dan profesional sesuai keahliannya sebagai asisten peneliti dalam bidang IPA
  • Pengembang Bahan Ajar
  • Sarjana pendidikan yang unggul, kompeten dan profesional  serta mampu secara teoritis dan praktis melakukan pengembangan pembelajaran IPA yang berasaskan manfaat dan maslahat.
  • Pengelola Laboratorium IPA
  • Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai pengelola Laboran torium IPA, yang berkeperibadian baik, berengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab yang berlandaskan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  • Saintis Muslim
  • Sarjana pendidikan sains yang kompeten dalam bidang sains, mampu merumuskan konsep Islamisasi sain dalam bentuk teori dan praktek

 

PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI)

Visi :

Menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang unggul dalam pengkajian, pengembangan dan penerapan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berbasis Turats Islami pada tingkat regional tahun 2025.

Misi:

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang kajian Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang bersifat integral, menggabungkan antara nadzariyah dan tathbiqiyah;

  1. Melakukan pengkajian Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang berbasis pada riset dan development;
  2. Melakukan pembinaan dan pembangunan sosial keagamaan masyarakat, khususnya dalam membentuk perilaku sesuai bidang keilmuan Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
  3. Menjalin kerjasama dengan seluruh instansi terkait dalam rangka perkembangan dan kemajuan Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana hukum yang bertakwa dan berakhlak mulia yang kompeten sesuai bidang keilmuan;
  2. Menghasilkan sarjana hukum yang mampu mengamalkan ilmunya untuk menebarkan manfaat secara luas di masyarakat;
  3. Menghasilkan sarjana hukum yang mampu melakukan pengembangan kajian Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sesuai prinsip Islam.

Profil Lulusan:

  • Manajer dan Konsultan Lembaga Pendi­dikan 
  • Lulusan MPI diharapkan mampu menguasai ilmu pendidikan Islam, administrasi Lembaga Pendidikan Islam (LPI), manajemen Lembaga Pendidikan Islam dan metodologi pe­nelitian pendidikan dan eva­luasi di bidang pendidikan untuk pelaksanaan good governance di bidang pendidikan
  • Akademisi dan Praktisi Lembaga Pendidikan (tenaga kependidikan)
  • Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam diharapkan menjadi tenaga kependidikan bidang pengelolaan pendidikan pada sekolah/madrasah (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK), perguruan tinggi dan organisasi/instansi pemerintah yang menangani pendidikan, yang berakhlakul karimah, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggung jawab berlandaskan etika keislaman, keilmuan dan profesi
  • Peneliti dan pengembang di bidang pendidikan
  • Lulusan Prodi MPI diharapkan mampu menguasai paradigma pen­didikan Islam, teknik penulisan di bidang pendidikan Islam, bimbingan kon­seling, teknik-teknik pendampingan pendidikan luar sekolah,
  • Juga mampu mengenali potensi dan minat melalui proses penelusuran informasi, pengalaman, dan refleksi untuk mengembangkan minat dan bakat serta kewirausahaan. Menguasai pengetahuan dan keterampilan untuk dapat melakukan pengelolaan usaha di bidang manajemen pendidikan.
  • Mampu merencanakan usaha (planning) usaha dalam bidang pendidikan yang menjadi minatnya secara mandiri dan kolaboratif.

 

PRODI HUKUM TATA NEGARA (HTN/ SIYASAH SYARIYAH)

VISI;

Menjadi Program Studi Hukum Tata Negara (siyasah syar`iyyah) yang unggul dalam pengkajian, pengembangan dan penerapan Ilmu Hukum Tata Negara berbasis Turats Islami pada tingkat regional tahun 2025

MISI;

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang kajian hukum Islam (Siyasah Syar’iyyah) yang bersifat integral, menggabungkan antara nadzariyah dan tathbiqiyah;

  1. Melakukan pengkajian Hukum Tatanegara dalam Islam yang berbasis pada riset dan development;
  2. Melakukan pembinaan dan pembangunan sosial keagamaan masyarakat, khususnya dalam membentuk perilaku sesuai tuntuan huukum Islam.
  3. Menjalin kerjasama dengan seluruh instansi terkait dalam rangka perkembangan dan kemajuan siyasah syar`iyyah.

TUJUAN;

  1. Menghasilkan sarjana hukum yang bertakwa dan berakhlak karimah yang kompeten;
  2. Menghasilkan sarjana hukum yang mampu mengamalkan ilmunya untuk menebarkan manfaat secara luas di masyarakat;
  3. Menghasilkan sarjana hukum yang mampu melakukan pengembangan kajian siyasah Syar`iyyah sesuai prinsip Islam.

PROFIL LULUSAN;

  • Praktisi Hukum Islam dan positif
  • Sarjana hukum Islam yang berkepribadian baik, bermoral luhur, berpengetahuan luas, serta mampu melaksanakan tugas-tugas umum sebagai praktisi hukum Islam dan tugas-tugas khusus sebagai praktisi hukum tata negara yang berbasis nilai-nilai keislaman. Praktisi hukum yang profesional dalam memberikan jasa layanan hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan. Mampu merumuskan produk hukum positif dan hukum Islam secara integral.
  • Legal Drafter
  • Sarjana yang memiliki keahlian dan mampu serta terampil dalam menyusun dan merancang Legal dan Contract Drafting (akad, perundang-undangan) di berbagai lembaga sesuai dengan analisis legal, tata bahasa, dan sinergis serta kontekstual dengan peraturan-peraturan lainnya.
  • Komisoner Lembaga Negara Independen
  • Sarjana yang berkepribadian baik, bermoral luhur, berpengetahuan luas, yang memiliki kompetensi untuk menjadi komesioner lembaga-lembaga negara independen (state auxiliary institution), khususnya seperti di komisi yudisial (KY), komisi pemilihan umum (KPU) dan beberapa lembaga negara independen lainnya.
  • Peneliti

Sarjana yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab sebagai asisten peneliti bidang hukum tata negara Islam (siyasah syariyyah) dan hukum Islam pada umumnya berlandaskan ajaran dan akhal islam, keilmuan dan keahlian

  • Politisi
  • Politisi yang memiliki kepribadian negarawan sejati, bermoral luhur, berwawasan luas yang mampu dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengambil keputusan bijak di lembaga eksekutif maupun legislative, serta mampu membentuk peraturan perundang-undangan di lembaga legislatif dan eksekutif pusat maupun daerah sesuai dengan teori-teori hukum positif dan nilai-nilai hukum Islam yang tepat;