Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab

STIBA DUBA

Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

PERKUAT KAJIAN FIQIH DAN KEAGAMAAN, STIBA DUBA GELAR DIALOG INTERNASIONAL

PAMEKASAN-Dalam rangka memperkuat kajian keagamaan di Pondok Pesantren dan sivitas akademika, Ahad, 03 November 2019, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan menggelar Dialog Internasional di Masjid Jami` Pondok. Pada dialog kali ini, tema yang diangkat adalah, "Dirasah fi al-Fiqh al-Islami: Baina al-Muhafadzah `ala al-Ashalah Wa al-Tajdid Istijaban Li al-Mu`asharah" yaitu Studi Fiqih Yang mampu menjaga orisinalitas dan merespon zaman kontemporer. 

Pada dialog kali ini, STIBA menghadirkan Para Doktor kajian fiqih dan usul fiqih dari University of Malaya Malaysia yaitu,  Dr. Lukman bin H. Abdullah, Dr. Abdul Karim bin Ali, Dr. Moh. Ikhlas Rosele.

Acara dipandu oleh Waka 1 STIBA DUBA, Dr. Abdul Mukit, M.Pd.I., dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Yayasan Darul Ulum Banyuanyar, KH. Hasbullah Syamsul Arifin, Lc.,  sekaligus membuka acara. Berikutnya adalah Dialog Internasional diawali dengan pemaparan materi oleh para dosen tamu.

"Kajian keagamaan dan Fiqih di Malaysia, cukup mirip dengan Indonesia yaitu bermadzhab Syafi`i dalam Fiqih, Asy`ari dalam akidah, Junaid Al-Baghdadi dalam tasawuf. Di Malaysia ada majelis fatwa yang manhajnya mendahulukan madzhab Syafi`i, dan 3 madzhab lainnya bila diperlukan. Sedangkan dalam konsep tajdid dijalankan selama tidak menyalahi ashalah shalihah dan berbasis pada manfaat." Ungkap Dr. Luqman.

Pada kesempatan itu, Dr. Lukman selaku ketua rombongan menyambut baik acara dialog tersebut dan berharap ada tindak lanjut dalam bentuk kerjasama kongkrit berikutnya.

"Alhamdulillah acara berjalan baik. Kita akan kuatkan dan kembangkan kajian keagamaan dan Fiqih dengan UM pada kegiatan berikutnya." Sambut Waka 1 Bidang Akademik.

Akhirnya kegiatan ditutup dengan doa oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, KH. Muhammad Syamsul Arifin, yang juga berpesan agar memperbanyak shalawat dalam setiap hal termasuk dalam kajian Keagamaan agar menambah keberkahan.

Tulisan Terbaru
Tulisan Populer
Tulisan Terbaca