Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab

STIBA DUBA

Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

Mahasiswa STIBA Mejadi Finalis LKTI Tingkat Nasional

STIBADUBA.AC.ID - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar berhasil menjadi finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran HARMONI 2018 Tingkat Nasional. Mahasiswa yang dimaksud atas nama Sabiqul Mubarak, asal Toronan Kowel Pamekasan.

Berdasarkan undangan yang diterima dari Panitia, Sabiq berhasil masuk 8 besari pada kompetisi yang bertajuk Harmoni Islamic Youth Event, Forum Kajian Islam Teknologi Pertanian, Fakultas Tekonologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang itu. Dia bersanding dengan finalis universitas lain se Indonesia, seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Lampung, Universitas Diponegoro, dan beberapa universitas terkemuka lainnya. Selanjutnya Sabiq akan mengikuti presentasi final pada tanggal 26 – 27 Oktober 2018 di Universitas Brawijaya Malang.

Lomba karya tulis ini bertemakan “Peran Mahasiswa dalam Menginterprestasikan 3 Fungsi mahasiswa untuk Menjaga persatuan Bangsa Indonesia Berlandaskan Alquran”. Dengan sub tema Pertanian, Teknologi, Energi, Kesehatan, Lingkungan, Agroindustri, Pangan. Sabiq sendiri menulis sub tema linkungan dengan judul “Peran Mahasiswa dalam Menjaga Stabilitas Lingkungan Hidup, Telaah Kontekstual terhadap Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)."

Bapak Syamsul Arifin, M.Pd., Wakil Ketua 3 bidang Kemahasiswaan STIBA Darul Ulum Banyuanyar sangat mengapresiasi prestasi ini. Dia yang sekaligus menjadi dosesn pembimbing lomba tersebut menyatakan prestasi ini sebagai awal untuk menjadi juara walaupun pembinaannya dalam waktu singkat.

“Bangga atas prestasi yang dicapai. Prestasi ini merupakan awal menuju tangga juara, walaupun pembinaannya sangat singkat, tetapi Sabiq dapat cepat menangkap materi yang saya sampaikan,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan pembinaan KTI akan terus ditingkatkan karena merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dan dia sangat berharap STIBA tidak hanya melahirkan mahasiswa yang mahir berbahasa Arab, tetapi juga mencetak mahasiswa yang bersaing di dunia global dalam berbagai bidang.

Sebelumnya, 4 mahasiswa STIBA juga berprestasi pada kompetisi Musabaqah tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pamekasan. Mereka berhasil meraih peringkat pertama pada 4 cabang lomba yang berbeda. Yaitu, Juara 1 Tafsir Bahasa Arab atas nama Syainal Abidin, Juara 1 Tafsir Bahasa Inggris oleh Lukman Hakim, Juara 1 Tafsir Bahasa Indonesia oleh Moh Syaifuddin, dan Juara 1 Makalah Al-Quran atas nama Ahmad Imron.

Tulisan Terbaru
Tulisan Populer
Tulisan Terbaca