Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab

STIBA DUBA

Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

Dosen STIBA Sampaikan Makna Filosofis dan Historis Keistimewaan Rasulullah SAW


Pamekasan, Kamis (4/11) dosen dan sekaligus ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Mabrurrosi, M.Pd, menjadi pemateri pada acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus OSIS MTs Miftahul Amin dan MA Al-Azhar dibawah naungan Yayasan Pendidikan Sosial dan Dakwah Nurul Anwar tersebut, pemateri memaparkan tentang Makna Filosofis dan Historis Keistimewaan Rasulullah SAW dalam Bait Nazham Lam Yahtalim (kitab Maraqil Ubudiyah syarah Bidayatul Hidayah) karya Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar al-Bantani (wafat 1314 H).

Menurut pemateri, keistimewaan Rasulullah SAW terbagi menjadi dua yaitu; pertama, keistimewaan khusus yang hanya dimiliki dan terjadi pada Nabi Muhammad SAW. Kedua, keistimewaan Nabi Muhammad SAW yang juga dapat dirasakan manfaatnya oleh umatnya. Banyak sekali keistimewaan yang Allah SWT berikan kepada Nabi Muhammad SAW yang berdampak positif bagi umat Islam seperti yang dijelaskan oleh Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Hasani dalam kitab Syaraful Ummah al-Muhammadiyah, imbuhnya sambil menjelaskan isi kitab tersebut.

Acara yang diletakkan di asrama putri tersebut dihadiri oleh pengurus yayasan, kepala madrasah, dewan guru, pengurus osis dan santriwati berlangsung khidmat. 

Tulisan Terbaru
Tulisan Populer
Tulisan Terbaca